3.24.2008

Hukum Newton



Sir ISSAC NEWTON, demikian nama dari ilmuwan ini. Beliau adalah Ilmuwan yang lahir di Woolsthorpe-by-Colsterworth Inggris. Beliau adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi dan juga ahli kimia yang berasal dari Inggris. Beliau merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika modern. ** dikutip dari wikipedia.net **)
Untuk menghormati hasil pemikirannya mengenai GERAK, GAYA dan MASA, maka ketiga hukum atau ketentuan mengenai hal tersebut dinamakan HUKUM NEWTON.

Hukum Newton itu antara lain.
• Setiap benda yang dalam keadaan diam akan tetap diam, dan setiap benda yang bergerak akan tetap bergerak lurus beraturan, kecuali bila ada suatu gaya luar yang tak seimbang sehingga memaksa benda tersebut berubah dari keadaan semula.
Hukum diatas dinamakan HUKUM NEWTON I atau Hukum Kelembamam ( bertahan). Bila dituangkan dalam persamaan matematis maka hukum tersebut dapat dituliskan dengan rumus berikut :
F = 0 ................... (9)

F adalah resultan gaya
Jadi bila resultan dari gaya tersebut sama dengan nol maka benda tersebut tidak memiliki percepatan, atau a = 0. Perhatikan gambar dibawah ini.

Gaya dari F1 sama dengan gaya dari F2, sehingga benda tersebut menjadi diam dan tidak mempunyai percepatan.
________________________________________
• Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada sebuah benda, berbanding lurus dengan besarnya gaya gerak dari benda tersebut dan mempunyai arah yang sama serta berbanding terbalik dengan masa kelembaman benda tersebut.
Pernyataan diatas dinamakan HUKUM NEWTON II, bila diaplikasikan kedalam persamaan matematis pernyataan itu dapat dituliskan dengan rumus berikut :
a = F / m atau F = m . a ................... (10)



F = Gaya pada sebuah benda
m = masa dari suatu benda
a = percepatan dari suatu benda

Sebuah benda bergerak pada arah tertentu dipengaruhi oleh masa dan percepatan yang ditimbulkannya.
________________________________________
• Jika suatu benda melakukan suatu gaya terhadap benda lain maka benda tersebut melakukan AKSI terhadap benda tersebut, sehingga pada saat itu pula benda tersebut melakukan REAKSI terhadap gaya yang ditimbulkan gaya tersebut. Besarnya gaya AKSI dan REAKSI ini sama besar akan tetapi mempunyai arah yang berbeda.

Pernyataan diatas dinamakan HUKUM NEWTON III atau disebut juga hukum AKSI dan REAKSI. Sehingga bila kita terjemahkan kedalam persamaan matematis akan didapat rumus berikut :

A K S I = R E A K S I .....................(11)



Suatu gaya melakukan aksi terhadap suatu benda, maka pada saat yang sama ada gaya lain yang melakukan reaksi terhadap gaya tersebut.

Tidak ada komentar:

Template by : x-template.blogspot.com